Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Senin, 10 Desember 2018

Cara Menghilangkan Luka Bopeng Bekas Jerawat





Menghilangkan Luka Bopeng Bekas Jerawat

9 Cara Menghilangkan Luka Bopeng Bekas Jerawat


Bopeng adalah bekas luka yang dalam pada kulit, biasanya bekas luka ini tidak hilang dengan sendirinya. Bekas luka ini terlihat berbentuk cekung, seperti lubang atau lekukan kulit. Ini terjadi karena ketika lapisan kulit yang dalam mengalami kerusakan. Nah, banyak orang yang mencoba segala cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Memangnya apa saja pilihannya dan seperti apa masing-masing prosedurnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.
Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat
1. Chemical peeling
Banyak orang dengan bekas jerawat ini memilih melakukan peeling atau pengelupasan kulit untuk mengurangi jaringan parut. Selama chemical peeling, lapisan asam akan diterapkan pada wajah. Perawatan ini menghilangkan lapisan luar kulit dan membantu sel-sel baru untuk beregenerasi. Dilansir dari laman Healthline, perawatan peeling sebenarnya tidak benar-benar menghapus bopeng di kulit wajah. Peeling lebih ditujukan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Efek samping yang paling umum terjadi adalah kulit jadi kemerahan dan iritasi setelah pengelupasan.
2. Krim wajah untuk menghilangkan bopeng
Krim yang bisa dibeli bebas di apotek untuk penyembuhan bekas luka sering kali jadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat tahap pertama. Pada dasarnya, krim ini bekerja dengan melembapkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal atau kemerahan.
Akan tetapi, penggunaan krim ini akan memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun kerjanya, tergantung komposisi krim tersebut dan kecocokan dengan kulit. Penggunaan krim ini juga harus dilakukan terus menerus.
Beberapa masker juga ada yang mengandung bahan seperti dalam krim ini untuk merangsang pertumbuhan kulit baru dan membantu mengurangi tanda-tanda bekas luka. Namun, kekuatan obat dalam masker bisanya berkekuatan rendah, sehingga diperlukan waktu yang lama untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
3. Mikrodermabrasi ATAU Facial Dermabrasion
Perawatan mikrodermabrasi ini bertujuan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar.
Alih-alih menggunakan sifat kimia atau kawat untuk proses ini, perawatan kulit ini akan menggunakan bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan kulit. Proses ini cocok untuk bagian bekas jerawat bopeng yang permukaannya tidak terlalu luas.
Mikrodermabrasi biasanya tidak menyebabkan efek samping, tetapi cenderung terlihat dampaknya kalau sudah dilakukan secara teratur.
4. Laser
Perawatan lainnya yang bisa jadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah terapi dengan laser. Terapi laser bertujuan untuk merangsang regenerasi pada bekas luka itu sendiri. Sinar laser akan diarahkan ke jaringan parut dari bagian bekas luka yang bopeng.
Laser ini akan membakar lapisan luar kulit yang bopeng dan menstimulasi pertumbuhan sel baru. Setelah melakukan laser ini bopeng akan terlihat lebih samar.
5. Microneedling
Ini adalah metode terapi untuk menghasilkan kolagen lebih banyak di bagian bekas luka yang bopeng. Microneedling adalah perawatan bertahap dengan membuat tusukan pada kulit yang bopeng, menggunakan jarum-jarum kecil.
Prinsip dalam perawatan ini adalah saat bagian yang ditusuk sudah sembuh, kulit akan menghasilkan lebih banyak kolagen untuk mengisi bekas jerawat yang bopeng. Dengan terisinya bagian tersebut, maka luka bopeng jadi lebih tersamarkan.
Perawatan ini perlu diulang setiap beberapa minggu. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk melakukan perawatan lanjutan setiap dua hingga enam minggu.

Untuk mencoba treatment ini dan mendapatkan informasi lebih lanjut:

Klinik Kencana Asri MedikaJl. A. Yani 150 Pekukuhan Mojosari MojokertoTelp/WA: 0821465234

Tidak ada komentar:

Posting Komentar