Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Senin, 09 Januari 2017

Pentingnya vaksinasi HPV




Pentingnya vaksinasi HPV adalah karena faktanya berdasarkan studi ternyata tanpa vaksinasi hampir~ 50% wanita memberikan respon imun alamiah yang tidak terukur sesudah infeksi HPV, bahkan sesudah infeksi alamiah didapati respon imun yang lemah, hal ini disebabkan karena kemampuan virus HPV tersebut yang dapat menghindar dari sistem imun alamiah tubuh, bahkan menekan sistem imun alamiah tubuh.


Sehingga, vaksinasi HPV untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus HPV merupakan tindakan pencegahan primer yang direkomendasikan oleh WHO.
Vaksinasi HPV yang paling efektif dilakukan pada masa kanak-kanak atau remaja karena akan memberikan respon imun yang lebih baik. Namun demikian, orang dewasa yang divaksinasi HPV juga masih mendapatkan manfaatnya.
Ada dua bentuk vaksin HPV yang saat ini tersedia, yaitu:
  • Vaksin bivalen: Mencegah infeksi oleh HPV – 16 dan HPV – 18. Vaksin jenis ini digunakan untuk pencegahan terhadap kanker serviks pada wanita
  • Vaksin quadrivalen: Mencegah infeksi oleh HPV – 16, HPV – 18, dan juga HPV – 6 dan HPV – 11. Vaksin quadrivalen digunakan untuk mencegah kanker serviks, pra-kanker vulva, pra-kanker vagina dan kutii kelamin pada wanita serta mencegah kutil kelamin dan pra-kanker anal pada pria. Perempuan yang mendapatkan vaksinasi HPV akan mendapatkan perlindungan dari terkena kanker serviks, prakanker vulva dan vagina.
Akan halnya pada pria, meskipun tidak mengalami kanker serviks, tetapi vaksin HPV quadrivalen dapat mencegah pria terkena kutil kelamin, kanker dubur (anus), dan hal yang penting adalah vaksinasi HPV pada pria dapat mencegah penyebaran HPV kepada pasangan seksualnya.
Vaksin quadrivalen telah disetujui untuk digunakan pada anak perempuan dan wanita usia 9-45 tahun, sedangkan pada pria dan anak laki-laki dapat diberikan pada usia 9 sampai 26 tahun.
Yang perlu dipahami adalah, vaksin HPV tidak mengobati atau menyembuhkan penyakit akibat infeksi HPV pada perempuan atau laki-laki yang sudah mengalami penyakit oleh karena HPV ini.

Untuk Informasi Lebih lanjut silakan hubungi:
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
 082146523462