Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Selasa, 17 Januari 2017

Perawatan Kulit Cantik dan Sehat

                                  



Perawatan Kulit Cantik dan Sehat

K
ulit merupakan bagian terluar tubuh manusia yang kondisi atau kualitasnya dapat dengan mudah terlihat oleh orang lain. Itulah sebabnya, kulit berpengaruh sangat besar terhadap kepercayaan diri seseorang. Kulit yang terlihat sehat dan terawat akan memancarkan pesona yang luar biasa hingga mampu melahirkan rasa percaya diri bagi pemiliknya. Dengan kulit yang sehat dan terawat, seseorang akan tampil cantik dan memikat. Sebaliknya, gangguan kesehatan atau masalah yang timbul pada kulit dapat membuat penderitanya merasa malu, sangat tidak nyaman, dan rasa percaya dirinya tergerus.
Sebelumnya kita cari tahu dulu apa saja sih tanda-tanda tidak terawat dan tidak sehat? Tandanya adalah jika kulit kering, kurang lembab, kasar, kusam, terlihat garis kerutan serta bila tergores akan meninggalkan garis putih. Sedangkan tanda kulit yang sehat dan terawat adalah memiliki kelembapan yang cukup, terlihat halus, lembut, dan kenyal (tidak kaku), glowing (tidak kusam) dan garis halus atau kerutan tidak tampak secara jelas. Selain itu memiliki kulit putih bersih hingga saat ini memang masih banyak menjadi impian bagi banyak wanita di Indonesia.
Beberapa tips untuk mewujudkan kulit cantik dan sehat antara lain:
1. Rutin Mencuci Muka
Mencuci muka merupakan hal yang sangat penting karena membuat wajah menjadi bersih dan bercahaya. Mencuci muka minimal dilakukan 3 kali sehari, yaitu pada saat bangun tidur, siang/sore setelah beraktifitas dan malam menjelang tidur. Mencuci muka sebaiknya menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit (misalkan kulit normal, kering, berminyak atau berjerawat).
2. Hindari Paparan Matahari
Selain menyebabkan kanker kulit, sinar matahari juga bisa memicu penuaan dini, munculnya keriput, bintik-bintik, noda hitam, dan kulit kering terutama pada wajah. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi sampai 2 siang karena pada waktu tersebut intensitas sinar matahari sangat tinggi dan bisa merusak kulit.
Cara menghindari paparan matahari dapat dilakukan dengan menggunakan topi, payung, kacamata atau tabir surya (sun block). Untuk penggunaan sunblock harus dipilih yang sesuai dengan keadaan kulit biar tidak memperburuk kondisi kulit. Untuk iklim panas disini perlu digunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar dapat memberi perlindungan yang optimal.
3. Penggunaan Pelembab
Hal ini sangat membantu anda karena dengan menggunakan pelembab, wajah anda tidak kering dan kusam. Namun pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda agar tidak terjadi alergi atau malah sebaliknya bukan melembabkan tetapi malah menambah kekusaman wajah anda. Terutama orang yang tinggal di daerah dingin atau orang yang bekerja di ruangan ber AC sangat perlu untuk menggunakan pelembab. Untuk kulit berjerawat tetap memerlukan pelembab, namun harus dipilih pelembab yang oil free sehingga tidak menambah kadar minyak di wajah.
4. Penggunaan Krim Malam
Penggunaan krim malam perlu karena pada malam hari karena kulit cenderung mudah menyerap berbagai nutrisi dibandingkan dengan siang hari. Juga, kulit akan mengadakan regenerasi sel ketika tidur. Krim malam yang baik juga dapat menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah. Hal ini juga memperbaharui sel-sel dan melindungi kulit dari bentuk kerusakan lebih lanjut. Jadi, jika ingin menyehatkan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit, pastikan bahwa menggunakan krim malam secara teratur. Tapi jangan lupa untuk memilih krim malam yang tepat, yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit. Serta dengan bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit.
5. Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat juga mampu memjaga kesehatan kecantikan kulit. Olahraga rutin, makanan yang sehat dan mengurangi stress. Olahraga memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Untuk sehat, kegiatan olahraga menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Olahraga juga bermanfaat untuk kecantikan. Dampak positif olahraga akan terlihat pada kulit yaitu kulit menjadi sehat dan segar tentu akan menambah kecantikan.
Sama dengan organ tubuh lain, kulit membutuhkan asupan yang bermanfaat. Makanan mempengaruhi berbagai faktor terkait kesehatan, tak terkecuali kesehatan kulit. Dengan makanan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit yang indah dan tentu saja, sehat. Untuk kulit yang cantik dan sehat sebaiknya banyak menkonsumsi sayur dan buah-buahan. Dan pastinya banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban dan kesegaran kulit. Hindari merokok dan alkohol, rokok dan alkohol dapat mengurangi aliran darah dikulit sehingga bisa mengurangi nutrisi untuk kulit serta dapat menjadi radikal bebas yang mebuat kulit menjadi tidak sehat.
Stres dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, termasuk kulit. Emosi yang kita rasakan memiliki dampak yang kuat pada kulit kita. Karena stres merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan, maka yang terpenting adalah bagaimana kita mengatasi stres yang muncul. Serta harus tidur yang cukup. Tidur selain mengurangi stress juga memberi kesempatan kulit untuk melakukan regenerasi/perbaikan sel kulit.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kita jangan membuat stress kulit kita dengan menggunakan produk-produk perawatan yang berbahaya serta tidak sesuai dengan kulit kita. Karena tidak akan mempercantik kulit, malah bisa memperburuk kondisi kulit.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuit. Karena kulit yang cantik merupakan kulit yang sehat.

dr. Asri Rahmawati, SpKK
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
 Mojosari Mojokerto
082146523462


Tidak ada komentar:

Posting Komentar