Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Minggu, 29 Oktober 2017

Alergi obat




Alergi obat adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh Anda terhadap obat-obat tertentu. Obat-obatan apa pun—dari obat warung, obat resep, sampai herbal—bisa memicu reaksi alergi. Tapi sering kali alergi obat hanya terjadi jika mengonsumsi suatu jenis obat tertentu.
Ciri-ciri alergi obat yang paling mudah dikenali adalah muncul gatal-gatal, ruam, atau demam setelah mengonsumsinya. Alergi seperti ini bisa menyebabkan reaksi yang serius, bahkan sampai anafilaksis—reaksi alergi yang mengancam nyawa karena berdampak pada berbagai sistem tubuh. Kadang-kadang reaksi alergi obat baru terjadi beberapa hari atau minggu setelah konsumsi dan mungkin akan terus dirasakan selama beberapa waktu setelah berhenti mengonsumsi obat bersangkutan.
Anafilaksis adalah reaksi alergi yang jarang terjadi namun bisa mematikan karena menyebabkan gangguan fungsi yang meluas pada berbagai sistem tubuh. Tanda-tanda alergi obat yang sudah menimbulkan anafilaksis antara lain:
  • Penyempitan saluran udara dan tenggorokan, menyebabkan kesulitan bernapas.
  • Mual atau kram perut
  • Muntah atau diare
  • Pusing atau kepala terasa ringan
  • Denyut jantung lemah atau terlalu cepat
  • Tekanan darah turun drastis
  • Kejang
  • Hilang kesadaran
Namun alergi tidak sama dengan efek samping obat yang tertera pada label kemasan obat. Alergi obat juga harus dibedakan dengan kasus keracunan obat yang disebabkan oleh overdosis.
Jika Anda mengalami tanda-tanda alergi obat, sebaiknya segera hentikan dulu konsumsi obat dan beritahukan kepada dokter. Dokter akan mempertimbangkan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi alergi obat yang Anda alami.
Selain mengobati, Anda juga bisa mencegah reaksi alergi obat. Cara terbaik ialah dengan menghindari konsumsi obat yang menjadi penyebab alergi. Beritahukanlah kepada dokter atau tenaga medis yang menangani bahwa Anda memiliki alergi terhadap jenis-jenis obat tertentu. Dengan begitu mereka bisa mencari alternatif obat yang lebih aman.
Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami tanda-tanda alergi obat, terutama jika Anda merasakan reaksi alergi parah atau anafilaksis setelah mengonsumsi obat.



Angioedema, Salah Satu penyebabnya adalah alergi obat



Contoh gambaran klinis alergi obat


Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi :
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
Telp/SMS/WA : 082146523462
BBM : DA507141
Silakan Kunjungi :
FB : @dokterspesialis kulit
        @dermatologistskincare kencana
Silakan kunjungi Toko kami di Tokopedia https://www.tokopedia.com/kencanaclinic