Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Minggu, 29 Oktober 2017

HUMAN PAPILLOMA VIRUS




APA ITU HUMAN PAPILLOMA VIRUS?

Diperkirakan  8 dari 10 wanita dan pria akan terinfeksi  Human Pappilomavirus, atau disebut HPV, sepanjang hidup mereka. Biasanya, virus itu akan hilang dengan sendirinya, tetapi ketika hal itu  tidak terjadi, beberapa jenis kanker dan penyakit tertentu dapat berkembang. Tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang akan mengalami kanker atau penyakit akibat infeksi HPV tersebut.
Beberapa tipe HPV dapat menyebabkan kanker serviks, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan, kanker penis, kanker  vulva dan vagina. Tipe lainnya dapat menyebabkan kutil kelamin. Paling sedikit ada 4 tipe HPV yang di ketahui sebagai penyebab penyakit HPV yang sering pada wanita.
HPV 30-40 Genital:  a. Tipe 16 dan 18: penyebab >70% kasus  kanker serviks
                                  
                                  b. Tipe 6 dan 11:penyebab >90% kasus Genital warts

Banyak orang merasa bahwa dirinya tidak berisiko karena tidak merasakan gejala tertentu.
§       
  •     Infeksi HPV tinggi pada usia remaja dan dewasa muda. Siapapun berisiko terkena infeksi HPV, karena HPV adalah virus yang mudah menular, cukup sekali kontak untuk terinfeksi HPV. Penularan terjadi melalui kontak kelamin (baik seksual atau non-seksual miss:tangan, alat-alat, pakaian). Karena tubuh anak-anak rentan sejalan dengan masa pertumbuhan mereka
  •      Infeksi HPV tidak menimbulkan gejala apapun pada tahap awal dan separuh dari wanita yang di diangnose menderita kanker serviks di usia produktifnya yakni antara usia 35-55 tahun,

infeksi HPV seperti kutil kelamin dapat di tangani, namun tidak secara langsung menghilangkan virus penyebab dan pada umumnya infeksi HPV akan sering muncul kembali; kutil kelamin juga beresiko tinggi terhadap wanita hamil karena bayi akan terpapar virus HPV dan menyumbat pernafasannya sehingga sakit yang berkepanjangan dan dapat mengakibatkan kematian.

Kanker serviks bukan penyakit keturunan, melainkan penyakit yang terjadi karena perubahan sel normal serviks dengan ratio 100% di akibat oleh virus HPV. Infeksi virs HPV terjadi dari Epitel (lapisan luar permukaan serviks); di saat terinfeksi virus, terjadinya lesi prakanker ke kanker akan terjadi dalam kurun waktu 3-20 tahun, tetapi rata-rata adalah 10 tahun.

Kutil kelamin atau genital warts disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11, dapat terjadi baik pada 
pria maupun wanita. Menurut data WHO, ~ 1 kasus baru kutil kelamin didiagnosa setiap detiknya, sekitar 89.192 kasus baru kutil kelamin didiagnosa di dunia setiap harinya. Meskipun tidak menyebabkan kanker, namun kutil kelamin memberikan beban psikologi, rasa malu dan biaya karena umumnya penyakit ini seringkali muncul kembali meski telah melalui proses pengobatan. Mereka yang terinfeksi oleh HPV tipe ini juga lebih rentan terhadap infeksi HPV tipe lain yang bisa jadi penyebab kanker serviks.

Pap smear merupakan standar skrining untuk kanker serviks dan penyakit HPV lainnya. Untuk meningkatkan akurasi bisa dilakukan pemeriksaa lain, misalnya IVA, kolposkopi dan tes HPV DNA.

Pentingnya tes pap untuk para wanita sebagai deteksi dini supaya kita dapat mengetahui lebih pasti. Dengan hasil yang dapat terlihat dari pap tes, apabila ada ketidak normalan maka dapat dilakukan perawatan atau pemeriksaan lanjut dengan kolposkopi. Apalagi terdeteksi kanker serviks distadium dini maka dapat dirawat dengan pilihan yang dirujukkan oleh dokter. Tes pap dapat menjadi langkah utama untuk deteksi dini. Kombinasi deteksi dini dengan vaksinasi merupakan langkah penting dalam penanggulangan terhadap penyakit akibat virus HPV seperti kanker serviks.

Berita baiknya, infeksi HPV (yang dapat menimbulkan kanker) kini dapat dicegah melalui vaksinasi. Vaksin HPV dapat diberikan kepada anak-anak laki dan perempuan mulai usia 9-10 tahun; dan bagi perempuan dewasa bisa diberikan sampai usia 55 tahun. Dianjurkan untuk memberikan anak-anak vaksin HPV sejak usia dini untuk mendapatkan hasil yang maksimum dari vaksinasi. Selain itu karena tubuh mereka yang masih rentan dan dalam masa tumbuh kembang, kondisi anak-anak dengan mudah dapat terkena infeksi, sehingga sangat memerlukan perlindungan.

Efektifitas total perlindungan terhadap kanker serviks dekitar  98% terhadap kanker serviks dan 100% terhadap kutil kelamin juga 100% untuk pra kanker vulva. Karena manfaatnya tersebut, bahkan pemerintah di Australia, UKA dan Malaysia sudah menjadikan vaksinasi HPV sebagai program imunisasi nasional di negaranya.

Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi :
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
Telp/SMS/WA : 082146523462
BBM : DA507141
Silakan Kunjungi :
FB : @dokterspesialis kulit
        @dermatologistskincare kencana
Silakan kunjungi Toko kami di Tokopedia https://www.tokopedia.com/kencanaclinic