Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Kamis, 05 Oktober 2017

Melasma




Melasma adalah kelainan pigmentasi berupa bercak coklat, abu-abu atau biru keabuan pada sebagian kulit. Dikenal awam sebagai flek hitam atau flek wajah.
Penyebab flek wajah atau melasma adalah keturunan (predisposisi genetik), kehamilan, alat KB hormonal, kelainan hormon, terapi hormonal, terpaan sinar UV. Selain itu kosmetik & obat – obatan yang mengandung bahan fototoksik (misalnya: obat antikejang), juga produk yang mengandung bahan merkuri juga berperan. Menurut beberapa ahli, stress juga mengambil peranan penting, karena ketika stress akan melepaskan hormon Melanocyte-Stimulating Hormone (MSH).
Melasma pada pria hampir sama dengan wanita, namun hormon tidak ikut mempunyai peran pada kasus pria.
Terapi terpenting melasma adalah menghindari faktor yang berperan, terutama paparan sinar matahari. Sehingga pemakaian sunblok secara rutin dan teratur, serta menggunakan payung atau topi adalah penting ketika beraktifitas di siang hari.
Ada beberapa hal lain yang sebaiknya juga dilakukan untuk menjaga kulit yang sehat.
1. Mengkonsumsi makanan sehat.
2. Berfikir positif dan menghindari stres atau depresi.
3. Istirahat cukup, minimal tidur enam jam sehari.
4. Melakukan perawatan kulit secara teratur,

5. Namun jangan terlena juga ketika sudah memakai sunblock, karena intensitas matahari akan berbeda pada jam-jam tertentu. Pakailah payung atau minimal topi ketika beraktifitas di bawah terik matahari.
6. Hindari menggunakan produk kosmetik/skincare diluar pengawasan dokter yang kompeten


Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi :
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
Telp/SMS/WA : 082146523462
BBM : DA507141
Silakan Kunjungi :
FB : @dokterspesialis kulit
        @dermatologistskincare kencana