Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Selasa, 27 November 2018

Kondiloma Akuminata




Kondiloma Akuminata
  
Kondiloma akuminata adalah penyakit kutil pada kelamin akibat infeksi virus yang menular secara seksual. Kondiloma akuminata terlihat berupa benjolan berukuran kecil sampai besar dengan bintil-bintil kecil dipermukaannya. Jika diibaratkan gambarannya seperti kembang kol atau jengger ayam. Masyarakat sering menyebut kondiloma akuminata dengan istilah penyakit jengger ayam.
Kondiloma akuminata tidak hanya mengenai alat vital, tetapi juga mempengaruhi jaringan yang lembab di area genital, misalnya di sekitar anus. Beberapa strain HPV memang terkenal sebagai penyebab kanker, misalnya kanker serviks. Namun ternyata virus inilah yang juga menyebabkan kondiloma akuminata.
Hampir semua orang yang aktif secara seksual bisa terkena kutil kelamin yang disebabkan oleh setidaknya satu tipe Human Papilloma Virus (HPV). Baik laki-laki ataupun perempuan bisa terkena, namun wanita lebih sering dibandingkan pria.
Pada wanita, kondiloma akuminata bisa tumbuh di vulva, dinding vagina, area antara genital eksterna dan anus, lubang anus, dan juga serviks (leher rahim). Sedangkan pada laki – laki, bisa terjadi pada ujung penis, skrotum (kantung buah zakar), atau anus.
Kondiloma akuminata juga bisa tumbuh di mulut atau tenggorokan orang yang ‘melakukan’ secara oral dengan orang yang terinfeksi virus penyebab.

Faktor Risiko dan Penyebab Kutil Kelamin
Penyebab kondiloma akuminata adalah Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 40 strain HPV yang berbeda yang secara spesifik mempengaruhi area genital.
HPV genital ini ditularkan melalui hubungan seksual. Namun tidak setiap orang yang terpapar virus ini akan terkena. Pada banyak kasus, sistem imun tubuh berhasil membunuh virus ini sehingga tanda serta gejala infeksi menjadi tidak berkembang.
Diperkirakan hampir semua orang yang aktif secara seksual bisa terinfeksi sedikitnya satu tipe HPV sepanjang hidupnya. Faktor – faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi HPV meliputi:
·         Seks tak aman (melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan banyak partner)
·         Memiliki penyakit infeksi menular seksual lainnya
·         Berhubungan seks dengan partner yang tidak diketahui riwayat seksualnya
·         Telah aktif seks pada usia muda

Jika kutil berada di luar atau yang secara kasat mata terlihat, maka dokter akan dengan mudah mengenalinya. Namun apabila berada di dalam, misalnya di leher rahim (serviks), maka diperlukan pemeriksaan tambahan.
Jika kondiloma tidak menyebabkan rasa tak nyaman, pasien mungkin tidak butuh pengobatan. Namun jika disertai pula dengan gejala gatal, rasa panas (terbakar), dan nyeri maka dokter bisa membantu menghilangkan kutil kelamin tersebut dengan pengobatan atau dengan pembedahan.
Namun bagaimanapun, lesi atau kutil kondiloma bisa tumbuh lagi sesudah pengobatan. Tidak ada pengobatan yang bisa diberikan untuk membunuh virus ini.




Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi :
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
Telp/SMS/WA : 082146523462
Silakan Kunjungi :
FB : @dokterspesialis kulit
        @dermatologistskincare kencana
Silakan kunjungi Toko kami di Tokopedia https://www.tokopedia.com/kencanaclinic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar