Mengenai Saya

Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Klinik Kencana Asri Medika merupakan Klinik Spesialis Kulit Pertama dan Satu-Satunya di Mojosari. Dengan pelayanan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan memberikan pelayanan Spesialistik yang Profesional untuk berbagai penyakit Kulit dan Kelamin serta Perawatan Kulit Sehat dan Kecantikan

Selasa, 06 November 2018

ONKRONOSIS… FLEK HITAM MEMBANDEL AKIBAT HIDROKUINON


ONKRONOSIS… FLEK HITAM MEMBANDEL AKIBAT HIDROKUINON

Kulit putih merupakan idaman para wanita Indonesia. Bagi beberapa wanita, kulit putih merupakan daya tarik tersendiri untuk kecantikan. Tak jarang, banyak wanita menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan kulit putih. Salah satu cara yang dipilih adalah menggunakan krim pemutih yang mengandung hidrokinon.

Hidrokinon juga banyak digunakan pada produk kosmetik karena sifatnya sebagai antioksidan dan sebagai depigmenting agent (zat yang mengurangi warna gelap pada kulit). Pada kosmetik hidrokinon berfungsi sebagai zat pemutih yang sering digunakan untuk kasus pigmentasi seperti kusam dan flek. Cara kerja hidrokinon adalah dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan melanin,  selain itu hidrokinon dapat menyebabkan kerusakan  enzim tirosinase dan sel-sel melanosit ( sel penghasil pigmen ). 


Efek samping yang umum terjadi setelah paparan hidrokinon pada kulit adalah iritasi, kulit menjadi merah (eritema), dan rasa terbakar. Efek ini terjadi segera setelah pemakaian hidrokinon konsentrasi tinggi yaitu diatas 4%. Sedangkan untuk pemakaian hidrokinon dibawah 2% dalam jangka waktu lama secara terus menerus dapat terjadi leukoderma kontak  (vitiligo) dan okronosis eksogen.

Okronosis merupakan diskolorisasi kulit berwarna biru kehitaman. Okronosis eksogen akibat hidrokinon terjadi setelah pemakaian terhadap hidrokinon secara terus-menerus dan dalam waktu yang panjang (kronik). Pada beberapa kasus, pasien mengalami okronosis setelah menggunakan hidrokinon dalam konsentrasi rendah sekitar 2% selama 10-20 tahun. Pada kasus lain, pasien yang menggunakan hidrokinon dengan konsentrasi tinggi (6%) mulai mengalami okronosis setelah pemakaian beberapa tahun. Karena hidrokinon menyerap sinar ultraviolet, adanya sinar matahari akan memperburuk dan mempercepat terjadinya okronosis eksogen.  

Di samping itu, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa hidrokinon dapat menyebabkan kanker pada tikus setelah pemberian oral dan juga dapat menyebabkan okronosis (kulit gelap dan noda hitam) jika dioleskan pada kulit. Meskipun tidak dilarang, namun saat ini penggunaan hidrokinon dalam kosmetik atau obat bebas telah dibatasi. 







Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi :
Klinik Kencana Asri Medika
Jl. A. Yani 150 Pekukuhan
Mojosari Mojokerto
Telp/SMS/WA : 082146523462
BBM : DA507141
Silakan Kunjungi :
FB : @dokterspesialis kulit
        @dermatologistskincare kencana
Silakan kunjungi Toko kami di Tokopedia https://www.tokopedia.com/kencanaclinic